Foto

[Foto][bsummary]

Entertain

[Entertain][twocolumns]

Winglet MotoGP Musim 2017 Resmi Dilarang

Kontroversi soal penggunaan winglet di MotoGP akhirnya menemukan titik terang. Komisi Grand Prix telah resmi melarang tim yang menggunakan teknologi winglet di MotoGP untuk musim depan.

Winglet_MotoGP

Tujuan utama winglet sejatinya untuk menghasilkan downforce bagian depan motor saat akselerasi. Hal itu berguna untuk mengurangi jumlah wheelie tanpa perlu memotong output mesin. Meski demikian, seperti kita tahu, penggunaan winglet ini memicu kontroversi.

Beberapa rider di premier class memprotes dengan alasan keselamatan. Selain itu, biaya pengembangan teknologi yang semakin bertambah karena penggunaan winglet juga jadi alasan beberapa pihak.

Komisi Grand Prix yang terdiri dari Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) akhirnya membahas secara detail soal kontroversi winglet ini di Sirkuit Assen jelang MotoGP Belanda. Dan seperti diklaim Crash.net, keputusan final sudah diambil yakni melarang penggunaan winglet mulai MotoGP 2017.

Berikut Pernyataan Komisi Grand Prix :

Setelah pertemuan Komisi Grand Prix yakni Dorna, FIM, IRTA, dan MSMA pada hari Sabtu di Assen, Belanda, keputusan berikut dikeluarkan:

Komisi sepakat dengan efek dari 2017, penggunaan sayap aerodinamis di kelas MotoGP akan dilarang. Regulasi ini meniru para pihak di kelas Moto3 dan Moto2 yang mana penggunaan sayap sudah dilarang.

Sayap yang sesuai dengan peraturan teknis saat ini mungkin bisa terus digunakan untuk sisa musim 2016.

No comments:

Post a Comment