Foto

[Foto][bsummary]

Entertain

[Entertain][twocolumns]

Penyakit Vertigo

Penyakit Vertigo umumnya belum banyak dikenal secara luas di masyarakat. Penyakit vertigo sering dianggap masyarakat umum sebagai penyakit pusing hebat. Penyakit vertigo dan penyakit pusing adalah hal berbeda.

man-vertigo

Jika Penyakit Vertigo sedang menyerang maka serasa ada sensasi seakan-akan ruangan di sekitar anda  kita berputar-putar. Sensasi berputar-putar ini bisa berlangsung singkat beberapa menit saja atau bahkan cukup lama.

Serangan Penyakit Vertigo ini tidak mengenal waktu. Kita bisa terserang vertigo saat sedang berkendara sehingga hal ini tentu sangatlah berbahaya.

Saat seseorang mengalami vertigo, Ia akan kehilangan keseimbangannya sehingga akan sangat sulit untuk berdiri. Jika vertigo berlangsung cukup lama, maka penderitanya bisa mengalami mual-mual dan juga muntah.

Penyakit Vertigo bisa disebabkan oleh hal-hal sederhana. Namun, penyebab vertigo paling umum adalah perubahan posisi atau gerakan kepala yang tiba-tiba. Penyebab ini sering disebut sebagai BPPV yang berarti Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

Gerakan tiba-tiba, posisi berdiri, hingga tidur miring bisa menjadi penyebab utama dan penderitanya bisa merasakan mual dan muntah jika vertigo berlangsung cukup lama.

Disamping itu BPPV juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi telinga, cedera kepala, operasi pada telinga, atau bahkan istirahat yang terlalu lama.

Migrain atau sakit kepala sebelah juga bisa menyebabkan vertigo. Jika migrain terasa sangat berdenyut di bagian depan kepala atau salah satu sisi kepala, maka rasa mual-mual dan sensasi berputar-putar pun bisa terjadi setelahnya sehingga berubah menjadi vertigo.

Selain itu, jika organ labirin pada bagian dalam telinga mengalami peradangan, maka kita pun akan dengan mudah mengalami vertigo. Labirinitis sendiri adalah organ yang mengendalikan keseimbangan tubuh disamping mengendalikan organ pendengaran.

Peradangan pada labirin akan membuat labirin menyampaikan sinyal yang terganggu pada otak sehingga informasi pada telinga dan mata pun berputar-putar dan menjadi vertigo yang memusingkan

Jika vertigo menyerang, sebaiknya kita langsung memeriksakan kondisi tubuh kita ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penderita vertigo juga tidak disarankan untuk berkendara seorang diri demi keselamatan mengingat keseimbangan penderita vertigo tentu sedang dalam kondisi yang terganggu.

Untuk mencegah vertigo tidak mudah menyerang kembali, ada baiknya kita tidak melakukan gerakan terlalu tiba-tiba dan sebisa mungkin perlahan-lahan dalam melakukan kegiatan rutin sehari-hari.

Vertigo adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Vertigo bisa ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik.

Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya.

No comments:

Post a Comment