Foto

[Foto][bsummary]

Entertain

[Entertain][twocolumns]

Verizon Resmi Akuisisi Yahoo

Perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat 'Verizon' resmi terpilih untuk membeli mantan raksasa internet Yahoo. Pada tanggal 25 Juli 2016 kemarin, kedua perusahaan tersebut mengumumkan kesepakatan akuisisi senilai US$4,83 miliar (sekitar Rp63 triliun).

Verizon-Yahoo

Sejumlah pihak seperti firma keuangan TPG dan pebisnis Dan Gilbert juga menyampaikan minatnya untuk membeli Yahoo. Akuisisi ini hanya mencakup layanan-layanan digital yang dimiliki oleh Yahoo, seperti Yahoo Search, Yahoo Mail, dan berbagai media online Yahoo.

Bisnis yang diakuisisi oleh Verizon hanyalah bisnis inti Yahoo. Sementara itu perusahaan yang dipimpin oleh Marissa Mayer tersebut masih memiliki saham 35,5% di Yahoo Jepang senilai USD 8,3 miliar, 15% saham di raksasa e-commerce China Alibaba senilai USD 31,2 miliar serta beberapa paten.

Saat ini Yahoo masih mempunyai sekitar 1 miliar pengguna aktif menggunakan berbagai layanan digital mereka setiap bulannya. 600 juta di antaranya mengakses layanan tersebut melalui perangkat mobile. Layanan email mereka pun masih mempunyai sekitar 225 juta pengguna aktif.

Verizon nantinya akan mengintegrasikan Yahoo dengan AOL, perusahaan media yang juga telah mereka beli dengan harga US$4,4 miliar (sekitar Rp57,9 triliun) pada tahun 2015 silam. AOL merupakan pemilik dari beberapa situs ternama seperti TechCrunch, Engadget, dan The Huffington Post.

“Akuisisi terhadap Yahoo bisa membawa Verizon pada posisi yang kompetitif sebagai perusahaan media mobile terdepan, dan membantu meningkatkan pendapatan kami di bidang iklan digital,” ujar Lowell McAdam CEO Verizon.

Melihat perkembangan Yahoo yang kian menurun saat ini, harga US$4,83 miliar yang dibayarkan Verizon dinilai sudah cukup wajar. Harga tersebut memang sangat jauh dari valuasi mereka di tahun 2000 yang mencapai US$125 miliar (sekitar Rp1.645 triliun). Pada tahun 2008, Yahoo sempat menolak tawaran akuisisi sebesar US$45 miliar (sekitar Rp592 triliun) dari Microsoft.

CEO-Yahoo-Marrisa-Mayer

CEO Yahoo Marissa Mayer masih berusaha untuk optimis menjelang akuisisi ini. “Kami mempunyai tim yang hebat, setia, berkualitas, dan berpengalaman. Saya bangga akan prestasi-prestasi kami hingga saat ini, termasuk pembuatan berbagai bisnis baru dan pendapatan mencapai US$1,6 miliar (sekitar Rp21 triliun) pada tahun 2015,” ujar Marissa. Sejauh ini, belum ada informasi apa posisi yang akan ditempati Marissa selepas akuisisi.

No comments:

Post a Comment